Skip to main content

Laporan Tentang Acces Point

Dalam postingan kali ini kami mempostingkan tentang langkah-langkah menyeting Wireless Access Point yang telah kami praktekan di BLPT Yogyakarta. Sebelum memasuki tahapan menyeting Wireless Access Point kami akan memberikan sedikit wawasan tentang Wireless Router 3G TP-Link MR3420 versi 2.4.
Wireless Router 3G TP-Link MR3420 versi 2.4 ini mempunyai keunggulan lebih dibandingkan produk-produk yang lebih sering dikenal dengan MiFi, yaitu bisa menjadi 2 buah router untuk 2 buah koneksi yang berbeda. Misalnya anda mempunyai koneksi dengan internet kabel ADSL seperti speedy, bisa anda jadikan sebagai koneksi utama dan modem usb sebagai backupnya. Demikian juga sebaliknya modem usb sebagai backupnya.
Kali ini kami akan menerangkan cara setting meggunakan modem GSM HUAWEI.Perangkat Wi-Fi/ROUTER yang kami gunakan adalah TP-Link MR-3420.Sehinga kita bisa merubah nama WIFI & PASSWORD sesuai yang kita inginkan. Perangkat yang dibutuhkan adalah tentunya router TP-LINK MR3420.Perangkat TP-LINK itu fungsinya yaitu untuk berbagi koneksi internet melalui jaringan WI-FI .

Langkah-Langkah Menyeting Wireless Access Point
Berikut ini langkah-langkah mereset Access Point :

1. Matikan modem Speedy anda, lalu hubungkanlah ke terminal WAN pada TL-MR3420 seperti pada gambar. Setelah itu hubungkan PC atau laptop ke soket nomor 1 pada TL-MR3420. Untuk sementara, USB modem tidak perlu dipasang dulu tidak mengapa.
122
2. Jika koneksi sudah seperti gambar di atas, hidupkan semua peralatan dan tunggu beberapa saat.
3. Setelah menyala cari tombol kecil pada Access Point yang anda gunakan,
4. Disini kami menggunakan Access Point TP-Link MR3420.
uur
5. Tekan tmbol kecil tersebut, selama anda menekan tombol tersebut matikan dan nyalakan kembali Access Point.
6. Tunggu beberapa saat sampai Acces Point tersebut menyala kembali baru anda bisa melepas tombol yang anda tekan tadi.

             Sebelum anda memulai menyeting access Point pastikan semua perangkat terhubung dan yang lebih penting jangan lupa Reset Access Point yang anda gunakan.Setelah Access Point selesai di reset langsung saja kita setting Access Point tersebut, berikut langkah-langkah menyeting Access Point :

1. Langkah pertama Buka Network and Sharing Center kita buka control panel dan klik Local Area Connection.

4
2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini dan klik properties.

5

3. Kemudian akan muncul tampilan di bawah ini lalu klik protokol version 4(TCP/Ipv4) > klik properties

Untitled

4. Kita pilih saja yang DHCP/Obtain an IP address automatically lalu klik ok.

1

5. Setelah itu bukalah browser apa saja pada PC/ laptop, lalu access-lah modem TL-MR3420 ini dengan mereset TL-MR3420 terlebih dahulu,lalu mengetikkan http://192.168.0.1,di laman web browser seperti gambar di bawah ini :

reu

6. Setelah itu enter dan akan muncul halaman login seperti ini ,masukan username dan password tp-link,kemudian enter.Dengan user name dan password standar “admin”, “admin”.

2
7. Setelah masuk,Lalu akan muncul halaman seperti ini,di halaman ini  kita klik next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3

8. Pada bagian ini kita dapat membuat suatu koneksi internet nirkabel /wireless ,dengan menggunakan WAN/3g/4g. Disini kita menggunakan WAN Only lalu next.

4

9. Pada WAN connestion type kita memilih Dynamic IP karena kita akan menggunakan IP otomatis/DHCP,setelah itu klik next.

5

10. Setelah itu pada MAC Clone centang/klik yes lalu klik next.

6

11. Kemudian klik next maka masuk ke Setting pada Quick Setup Wireless,pada kolom-kolom isikan seperti ini:

  • Wireless Radio : Enable

  • Wireless Network Name : Dapat di ubah sesuai dengan keinginan

  • Region : Indonesia

  • Channel : Auto

  • Mode : 11bgn mixed

  • Channel Width : Auto

  • Max Tx Rate : 150Mbps

  • Wireless Security :Ada 2 pilihan yang dapat anda gunakan.

                   Disable Security : artinya Wi-fi anda dapat di akses oleh siapa saja selama dalam
jangkauan

                   WPA-PSK/WPA2-PSK : Melindungi akses dari luar dengan password.masukan
password untuk proteksi ( min 8 karakter).setiap perangkat yang mengakses ke
jaringan Wi-fi anda akan diminta untuk memasukan password.

Disini kami memilih WPA-PSK/WPA2-PSK,jadi kita mengisikn password.

7

12. Kemudian klik Next,Settingan selesai,klik Finish untuk menyelesaikan dan me-reboot kembali router anda.

8

13. Masih pada menu Network Pilih LAN >Wajib menggati IP address komputer kalian masing-masing,lalu save.

10

14. Pada gambar di bwah ini klik ok.

11

15. Setelah klik Ok maka akan merestart dengan sendiri.

12
16.Setelah selesai merestart maka kita di wajibkan untuk mengisi autentikasi.Disini diisikan “admin” “admin” dan klik ok.

13

17. Masuk ke menu Wireless > Wireless setting ,disini kami mengecek wireless setting.

15

18. Masih pada wirelees > Security > Pilih Security WAPA/WPA2 – personal > Atur password yang ingin digunakan.

19. Masuk ke menu DHCP >DHCP  Setting > Enablekan > Lalu pada start dan end IP Addresnya sesuai dengan Range IPnya > save.

20. Pada gambar di bawah ini klik ok untuk me-rebot.

17

21. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti ini dan langsung saja klik “ Reboot ”.

22. Setelah selesai me-reboot,cek status apakah sudah semua apa belum.14

23. Jika sudah semua maka kita lanjutkan unyuk menyeting Setting Wireless TP-LINK N USB ADAPTER.


Setting Wireless TP-LINK N USB ADAPTER

1. Masukan CD/DVD dan pasangkan USB ke CPU .tunggu sampai muncul tampilan nya dan pilih run.


2.Pilih gambar USB lalu klik install.

2
3. Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini pilih next.
3
4. setelah itu pilih yang bawah lalu Next.
4

5. Lalu next lagi.
5
6. Klik/pilih install.

6
7. Proses mengInstall.

7
8. Finish.
8

9. Buka aplikasi tp-link.9

10. Coba connect ke ssid yang disediakan contoh kelompok 3.

.11

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Tespen Sederhana

Membuat Testpen Sederhana السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Skema Tespen Apabila anda ingin mengetahui adanya aliran listrik dalam instalasi listrik rumah anda, maka anda membutuhkan alat yang bernama Tespen. Sekarang kita akan membuat tespen dengan harga yang sangat murah dengan memanfaatkan bekas pulpen.  Sedangkan cara merangkainya adalah sebagai berikut : Salah satu ujung dari kaki lampu neon dihubungkan dengan penutup pulpen dan satunya lagi dihubungkan dengan resistor, setelah resistor dihubungkan lagi ke ujung pulpen. Jika kita menggunakan pulpen yang masih baru, maka kita akan mendapatkan pulpen dwifungsi yakni menulis dan juga untuk mengetahui adanya tegangan listrik(AC). Alat & Bahan ; ~ Bulpoint. ~ Transistor. ~ Solder. ~ Tutup Bulpoint Fungsi ; Ialah Alat Yang Digunakan untuk mengecek atau mengetahui ada tidaknya suatu tegangan listrik , Fungsi tespen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya tegangan listrik pada suatu benda

Teknologi Layanan Jaringan

Pengertian Dari: 1.       Komunikasi Serial Antar Komputer Menggunakan Putty/Hyperterminal. 2.      Progtam Remote Control Winamp Menggunakan Winlire. 3.      Menyalakan Lampu Rumah Dengan Hp Android Bluetoth. 4.     Mengontrol Peralatan Listrik Melalui Wifi. 5.      Mengontrol Robot Menggunakan Remote Control 6.     Mengontrol Mobil Remote Control. Tautan: 1.      http://www.elektro.undip.ac.id/kenung/?p=296 2.     https://www.tianrosandhy.com/blog/remote+control+collection+:+software+presentasi+profesional+modal+android 3.     https://tutorkeren.com/artikel/tutorial-smartphone-android-dapat-dijadikan-saklar-untuk-kontrol-lampu-rumah.htm 4.    https://telinks.wordpress.com/2013/01/20/mengendalikan-peralatan-listrik-via-internetweb-dengan-starduino-board/ 5.     http://www.jogjarobotika.com/blog/membuat-mobil-remote-control-dengan-arduino-dan-bluetooth-hc-05-b106.html 6.    http://www.mobilremot.com/blog/memahami-istilah-remote-control/ --------------------

Membuat 000Webhost

Cara Daftar / Masuk 000Webhost. Assalamuallaikum Wr.Wb. Dibawah Ini Adalah Cara Daftar 000Webhost Dengan Gratis Selama 1Bulan 1. Pertama Kalian Buka Di Google Chrome / Mozila Firefox. 2. Kemudian Buka  https://www.000webhost.com/  Atau 000Webhost. 2. Setalah Itu Pilih $0 / Tanpa Bayar , Atau Gratis Selama Satu Bulan Kemudian Klik Selamanya Gratis Setelah Itu Ada Perintah Untuk Daftar / Login . Setelah Itu Pilih Masuk Untuk Daftar Atau Bisa Menggunakan Gmail. 3. Setelah Berhasil Masuk Atau Bisa Pilih Get Started. 4. Kemudian Bisa Pilih NEXT/SKIP 2x ,  Kemudian Setelah Itu Perintah Untuk Mengisi Nama Dan Password . 5. Kemudian Selesai Tinggal Pilih (+) Create New Site , Kemudian Ketika Ada Masalah Cukup Tenang Saja Dikarenakan Penggunan Mendaftar Banyak . 6. Itu Tadilah Penjelasan Saya Mengenai Mendaftar 000Webhost . Assalamuallaikum Wr.Wb