PBX (Private
Branch eXchange)
|
|
IP
PBX dan PBX
|
PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di
gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet
perusahaan tersebut
Line cards merupakan terminasi /interface antar
saluran extension dengan sentral PBX
Berfungsi melakukan
borscht(battery Over loaded, Ringing, signaling, coding, hybrid, testing).
Trunk cards sebagai interface/ terminasi antar
saluran/ trunk ke PSTN dengan sentral PBX.
Berfungsi melakukan
konverer sinyal saluran dengan sinyal internal sentral PBX
Switch cards melakukan fungsi
penyambungan (switching) antar port extension (line cards) dengan
Port extension line
cards lain dalam panggilan internal dan antar port extension line cards dengan
port Trunk cards dalam panggilan external (incoming/ outgoing call)
Signaling penerima/ pengiriman sinyal dengan extension
(DTMF) (decadi pulses)
Dan pensinyalandengan
senrtal public (DTMF/MCF decadi pulses)
Prosessor cards sebagai pusar control yang mengendalikan
seluruh aktifitas sentral.
IP (Iternet Protokol)
Trend
teknologi ke depan adalah berbasis IP, maka dari itu ke globalnya, kemudahannya
dan ke efisienannya. Teknologi PBX di haruskan juga kea rah IP dengan alas an
akan memudahkan semua perusahaan dalam memigrasikan sistemnya, suatu saat nanti
selanjutnya adalah ilustrasi jaringan yang berbasis IP.
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari
satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway
untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software(softphone)
atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX,dan ketika
mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan
panggilan.IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai
dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan
internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia
layanan VOIP.
Sejarah
dan Pengertian PBX
Sistem telepon bisnis telah lama dalam perkembangan mereka ke
mana mereka berada sekarang, berkembang dari sistem kunci sederhana yang
memerlukan beberapa saluran telepon untuk virtual PBX (PABX) yang ada di dunia
maya dan fungsi dalam hubungannya dengan perusahaan ada data transfer.
Beberapa sistem populer
telepon pertama yang "1A2 Key System". Ini bervariasi dan memiliki
pemahaman perusahaan di pasar selama bertahun-tahun di sekitar tahun 1950-an.
KSU (kunci Layanan Unit) bertindak sebagai unit kontrol pusat dan panggilan
yang Dialihkan dari sana melalui mekanisme fisik yang terkandung dalam telepon.
Ini diizinkan fitur seperti interkom services dan terus fitur dengan musik.
Fitur sederhana ini dapat dicapai secara baris demi baris oleh
hardwiringbackplane ke unit kontrol pusat. Fitur lampu untuk setiap baris
memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menentukan status semua saluran
telepon.
PBX pertama kali digunakan untuk menggambarkan
"sistem kunci" seperti mana switchboards dijalankan dengan tangan.
PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis bukan operator. Ini
menjadi lebih umum, istilah PABX (automatic PABX) dan PMBX (manual PABX) datang
untuk membedakan antara kedua sistem. EPABX (elektronik automatic PABX) juga
digunakan untuk menggambarkan berbagai sistem digital.
Jadi, PBX (private branch exchange) adalah suatu perangkat keras
elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara
bagian internal (extention to extention) dengan external (out going and
incoming). Pengertian lainnya, PBX (private branch exchange) adalah sebuah
sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu
lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut.
II. Fungsi
dan Cara kerja PBX
A. Fungsi PBX antara lain :
Ø Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju
Ø Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
Ø Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
Ø Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
A. Fungsi PBX antara lain :
Ø Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju
Ø Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
Ø Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
Ø Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Fungsi
PBX
Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
- Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
- Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya.
Kemampuan umum tersebut meliputi :
a. Layanan otomatis panggilan
Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
- Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
- Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya.
Kemampuan umum tersebut meliputi :
a. Layanan otomatis panggilan
b. Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat
dialihkan ke karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan
tersebut)
c. Layanan
otomatis nada tunggu
d. Metering call atau tampilan waktu panggilan
e. Memblokir panggilan
f. Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
g. Panggilan pick-up
h. Transfer panggilan
i. Panggilan tunggu
j. Panggilan konferensi
k. Modifikasi kata sambutan
l. Panggilan cepat
d. Metering call atau tampilan waktu panggilan
e. Memblokir panggilan
f. Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
g. Panggilan pick-up
h. Transfer panggilan
i. Panggilan tunggu
j. Panggilan konferensi
k. Modifikasi kata sambutan
l. Panggilan cepat
m. Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan telepon ke
banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonferensi)
n. DISA - direct inward system access adalah kemampuan
melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
o. Follow-me merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya
panggilan dijawab atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara.
Sistem ini dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
p. Respon
interaktif suara
B. Cara Kerja PBX
B. Cara Kerja PBX
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon
SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur
PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien
SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel,
mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka
meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel /
pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat
menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui
gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.
III. Perbedaan PBX dengan PABX
A. PBX
PBX untuk pembai atau pengatur antara bagian internal dengan
external, dan menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP, Teknologi
ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan
dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur
komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN
tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan
nomor telepon reguler.
B. PABX
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta
meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah
melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya
(nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang
mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah
"branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau
cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat
PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon,
modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal
karyawan di kantor.
V. Perangkat yang mendukung PBX
a. Voicemail dan Voice conference
Voice Mail System (juga dikenal sebagai voice
mail, pesan suara atau bank suara) adalah sistem berbasis komputer yang
memungkinkan pengguna dan pelanggan untuk bertukar pribadi pesan suara ; untuk
memilih dan menyampaikan informasi suara; dan untuk memproses transaksi yang
berkaitan dengan individu, organisasi, produk dan jasa, dengan menggunakan
telepon biasa.
b. Interactive Voice Response (IVR)
Respon suara interaktif (IVR) adalah teknologi yang memungkinkan
komputer untuk berinteraksi dengan manusia melalui penggunaan suara dan DTMF
nada input melalui keypad.
Dalam telekomunikasi, IVR memungkinkan pelanggan untuk
berinteraksi dengan sistem host perusahaan melalui tombol telepon atau dengan
pengenalan suara, setelah itu mereka dapat melayani pertanyaan mereka sendiri
dengan mengikuti dialog IVR. Sistem IVR dapat merespon dengan rekaman atau
dinamis audio ke pengguna langsung lanjut tentang bagaimana untuk melanjutkan.
aplikasi IVR dapat digunakan untuk mengontrol hampir semua fungsi di mana
antarmuka dapat dipecah menjadi serangkaian interaksi sederhana. sistem IVR
dikerahkan dalam jaringan yang berukuran untuk menangani volume panggilan
besar.
c. Automatic Call Distribution (ACD)
Panggilan otomatis distributor (ACD) atau sistem distribusi
panggilan otomatis, adalah perangkat atau sistem yang mendistribusikan
panggilan masuk ke kelompok tertentu terminal atau agen berdasarkan pilihan
pelanggan, nomor telepon pelanggan, operator jalur masuk ke sistem, atau waktu
panggilan diproses. Hal ini sering bagian dari komputer integrasi telepon (CTI)
sistem.
d. Computer Telephony Integration
Komputer integrasi telepon, juga disebut integrasi
komputer-telepon atau CTI, adalah nama umum untuk teknologi yang memungkinkan
interaksi pada telepon dan komputer untuk diintegrasikan atau dikoordinasikan.
Istilah ini terutama digunakan untuk menggambarkan desktop yang interaksi
berbasis untuk membantu pengguna menjadi lebih efisien.
e. Unified Messaging System (UMS)
Terpadu messaging system (atau UMS) adalah pemasaran kata kunci
yang menggambarkan upaya mengintegrasikan elektronik yang berbeda messaging dan
komunikasi media yang ( e-mail , SMS , fax , pesan suara , pesan video , dll)
teknologi ke dalam satu antarmuka, dapat diakses dari berbagai berbeda
perangkat. Sementara sistem komunikasi tradisional menyampaikan pesan ke dalam
beberapa jenis toko seperti voicemail sistem, server e-mail, dan berdiri
sendiri mesin fax, dengan Unified Messaging semua jenis pesan disimpan dalam
satu sistem. pesan voicemail, misalnya, dapat disampaikan langsung ke inbox
pengguna dan bermain baik melalui headset atau speaker komputer.
f. Fax Server & Fax on Demand
Sebuah server faks adalah sistem dipasang di jaringan area lokal
(LAN) server yang memungkinkan pengguna komputer yang komputernya melekat pada
LAN untuk mengirim dan menerima pesan fax.
g. Call Recording System
h. Billing System
Sistem billing merupakan sistem yang membantu para usahawan
untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. Pada dasarnya sistem
billing merupakan sistem pencatat dan pemonitor transaksi berbentuk software.
i. Web-based Management System.
Perangkat lunak manajemen proyek berbasis web adalah kumpulan
program, proses dan informasi yang digunakan untuk mengelola berbagai tahapan
proyek dan yang dapat diakses di Internet. manajemen proyek memerlukan proses
seperti penjadwalan, menghitung jalur kritis, membangun jadwal, membuat daftar
tugas, mengelola sumber daya, pengendalian dokumen dan memberikan jejak audit.
Masing-masing proses dapat dikontrol dan kadang-kadang otomatis melalui solusi
software manajemen proyek.
Kebutuhan Bagian Komunikasi Pbx Pada Server Softswitch
1. Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent
MGC atau Call Agent adalah elemenutama softswitch, berfungsi
untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi
elemen-elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan
karakteristik yang berbeda, yakni termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2. Signalling Gateway (SG)
Signalling gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara
jaringan SS7 dengan jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani
pensinyalan SS7,sedangkan MGC menangani sirkit suara yang telah dibangun oleh
mekanismepensinyalan SS7.
3. Media Gateway (MG)
Media gateway berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan
trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari
jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN,PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses
pelanggan. Media gatewayterbagi menjadi trunk gateway dan access gateway
Trunk gateway adalah mediagateway yang menjalankan fungsi media
bagi softswitch class 4, yaitu merutekan trafik dari jaringan PSTN/PLMN
(jaringan mobile).Trunk gateway akan melakukan proses konversi terhadap format
transmisi jaringan terhubung yang berbeda beda, baik format sinyalt rafik
maupun signalling atau protokolnya.
Access gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi
media bagi softswitch class 5 untuk menghubungkan softswitchdengan jaringan
korporasi atau terminal pelanggan (CPE).
4. Media Server
Media server melaksanakan fungsinya yakni, untuk memperkaya
softswitch dengan kemampuan media. Jika diperlukan, ini akan mendukung digital
signal processing (DSP). Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas
itu akan dilakukan oleh media server. Media Video juga akan dilayani oleh suatu
Media Server manakala bisa diterapkan.Media akses adalah media yang digunakan
oleh jaringan softswitch untuk menjangkau pelanggan. Media akses dapat
menggunakan cable modem, leasedcircuit, v.52, DSL, HFC, dan radio akses.
5. Feature Server
Untuk Menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing,
multi-partyconferencing, dll. Feature server menggunakan sumber daya dan
layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch tersebut. Contoh
:gatekeeper, dll.
6. Operating support system (OSS)
Adalah elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi
dan pemeliharaan jaringan, seperti managemen jaringan, provisioning, billing,
monitoring,statistik, dll.
VI. Troubleshoot PBX
A. Trouble Shoot PBX
Yang Anda butuhkan
• Komputer
• Program akses remote
• izin administratif
Langkah-langkahnya seperti berikut :
- Periksa koneksi ke perangkat beroperasi pada PBX. Ini mencakup
semua kabel telepon, terutama kabel utama yang berjalan dari dinding ke
konektor yang terletak di bagian belakang yang paling konsol.
- Reset perangkat PBX. Cabut kabel utama yang dijelaskan pada
Langkah 1 untuk satu menit. Hubungkan kembali kabel dan panggilan tes inbound
dan outbound. Jika masalah terus berlanjut, lanjutkan ke Langkah 3.
- Log on ke program akses komputer radio PBX sebagai
administrator. Jika Anda tidak memiliki hak akses administratif, Anda tidak
dapat mengakses pengaturan yang diperlukan untuk melanjutkan pemecahan masalah
PBX.
- Cari dan klik "Pemeliharaan" pilihan di bagian atas
layar. Gulir ke "Event Log" dan klik untuk melihat kesalahan yang
dikenal dengan PBX Anda. Gulir sepenuhnya melalui daftar karena beberapa jenis
acara akan terdaftar. Gunakan "Filter" pilihan untuk mengatur
preferensi untuk pesan yang terdaftar.
- Klik dua kali pesan kesalahan untuk melihat rincian.
Pesan-pesan ini memberikan tanggal tertentu, waktu, dan rincian yang berkaitan
dengan kesalahan dalam PBX Anda dan status. Dari sini Anda dapat
mengidentifikasi penyebabnya dan memperbaiki kesalahan untuk PBX Anda.
- Tutup "Event Log" dan segera membuka kembali. Klik
"Filter" untuk mengatur acara untuk tanggal saat ini. Ini akan
menunjukkan jika kesalahan telah diperbaiki. Jika kesalahan berlanjut, hubungi
operator telepon layanan Anda atau produsen perangkat PBX Anda untuk bantuan
lebih lanjut.
- Log out dari program akses remote ketika Anda selesai. Hal ini
untuk mencegah pengguna yang tidak sah untuk mengakses tugas-tugas
administratif dari PBX Anda.
B. Bagaimana Program PBX
.
Yang Anda butuhkan
- perangkat lunak komputer dan konektivitas
- panduan pengguna PBX
Langkah-Langkahnya sebagai berikut :
- Masuk ke portal administrasi PBX dengan perangkat lunak
komputer dan konektivitas.Kebanyakan produsen memasok software ini untuk PBX
dengan pembelian sistem.
- Mengatur sambung untuk sistem. Sambung memberitahu
sistem apa yang nomor ekstensi yang untuk memulai dan bagaimana untuk
mendapatkan garis luar, kode akses fitur dan jumlah untuk konsol petugas.
Mengatur jumlah 9 untuk mendapatkan saluran luar dan 0 untuk konsol operator.
- Mengkonfigurasi parameter sistem dan kode akses fitur.
parameter sistem mengatur musik ditahan, caller id, sistem tanda bahaya dan
berbagai pilihan pengobatan panggilan. Kode akses fitur yang angka yang Anda
dapat memanggil untuk mengakses fitur sistem seperti konferensi, panggilan
cepat, taman panggilan, cakupan panggilan, panggilan pickup dan mentransfer
panggilan antara lain. Gunakan 1-3 digit angka dan memastikan mereka tidak
dapat ditemukan pada bagian angka yang Anda rencanakan untuk ekstensi.
- Mengatur Kelas Pembatasan dan Kelas layanan tabel tables.These
mengatur kelompok izin untuk menetapkan ke pengguna. Izin adalah fitur seperti
panggilan jarak jauh, ketersediaan call forwarding, prioritas panggilan dan
lain-lain. Batasi panggilan jarak jauh hanya para pengguna yang membutuhkan
akses dengan tabel ini.
- Mengkonfigurasi batang dan outbound routing. Batang adalah
saluran telepon yang digunakan untuk panggilan inbound dan outbound terhubung
ke operator pertukaran lokal, kadang-kadang disebut sebagai perusahaan telepon.
Mengaturnya dalam kelompok-kelompok. kelompok trunk adalah batang atau saluran
telepon yang melayani jenis yang sama dari panggilan. Mengkonfigurasi mereka di
panggilan lokal dan kelompok jarak jauh. Mengatur routing sehingga perjalanan
panggilan keluar keluar jalur paling mahal.
- Mengkonfigurasi perangkat lunak untuk telepon set di PBX.
Mengatur port, jenis ponsel, nama display, tombol fitur, penampilan line,
menelepon izin dan tombol panggilan cepat untuk setiap telepon Anda ingin
menginstal.
- Mengatur layanan lain seperti garis analog fax, telepon
konferensi, konferensi video, paging, musik ditahan, konektivitas IP dan
layanan untuk agen call center. layanan call center termasuk masuk routing,
kelompok berburu, memanggil vectoring, nomor identifikasi agen, tombol login
dan panggilan tunggu indikator. kelompok berburu adalah angka yang pelanggan
menelepon untuk layanan; sebut vectoring adalah petunjuk aliran panggilan rinci
antara kelompok berburu dan agen.
C. Cara menggunakan PBX sistem
PBX telepon menawarkan banyak pilihan yang garis tanah biasa
tidak memiliki. Setelah ekstensi Anda sudah diatur, Anda dapat menggunakan
telepon Anda untuk meneruskan panggilan, mengirim surat suara ke alamat email
atau mentransfer panggilan ke ekstensi lain.
Membuat panggilan ke ekstensi lainnya pada jaringan PBX Anda
hanya dengan mengangkat gagang telepon dan menghubungi perpanjangan empat
digit. Anda juga dapat menghubungi saluran luar dengan menekan 0 atau 1,
tergantung pada konfigurasi sistem anda, maka nomor 10-digit.
Mengakses pesan suara Anda dengan mengambil penerima, menekan
tombol voice mail dan panggilan kode keamanan Anda jika telah ditetapkan. Anda
dapat menyimpan atau menghapus pesan dengan menekan tombol menyala pada layar
telepon. Jika Anda jauh dari kantor Anda, menghubungi nomor telepon 10 digit
dan tekan tombol tanda bintang ketika petugas otomatis mengambil, kemudian
masukkan kode keamanan Anda untuk mengakses pesan suara Anda.
Mentransfer panggilan masuk ke ekstensi lain dengan menekan
tombol "Trns" tombol pada ponsel, maka panggilan ekstensi yang Anda
ingin mengirim panggilan, dan akhirnya gantung penerima. Hal ini berguna untuk
ketika penelepon memanggil ekstensi Anda dengan kesalahan. Ada dua metode untuk
mentransfer: buta mentransfer, ketika Anda tidak menunggu ekstensi untuk
menjemput, dan diawasi mentransfer, di mana Anda menunggu sampai ekstensi
mengambil sehingga Anda dapat memperkenalkan dua pihak.
Telepon masuk ditahan dengan menekan tombol "Hold" dan
menggantung penerima.Ini akan menempatkan pemanggil ditahan untuk beberapa
waktu sebelum telepon berdering lagi, menandakan bahwa penelepon masih
memegang. Tergantung pada jenis ponsel dan sistem PBX yang Anda miliki, mungkin
ada cahaya yang berkedip pada layar telepon untuk membiarkan Anda tahu apa
garis penelepon adalah pada.
Masuk ke halaman Web administrator dan berkonsultasi dengan
panduan manual sistem anda pengguna untuk menggunakan fitur lain dari sistem
PBX spesifik Anda.
D. Cara menginstal sistem PBX Telepon
PBX adalah singkatan dari "private branch
exchange."Bisnis biasanya menggunakan jenis jaringan telepon pribadi.
Setelah terinstal, karyawan berbagi sejumlah baris untuk membuat panggilan luar.
Untuk menginstal sistem PBX, Anda harus memiliki PBX konsol, bersama dengan
kabel telepon dan steker. Setelah Anda menginstal sistem, Anda harus mengujinya
untuk memastikan bekerja.
Langkah-langkah sebagai berikut :
- Tancapkan kabel telepon ke konsol PBX Anda di input yang
mengatakan, "Telephone Line."
- Hubungkan ujung lainnya ke soket. Hal ini memungkinkan sistem
PBX Anda untuk mengirim dan menerima panggilan telepon.
- Pasang konektor PBX ke dalam konsol. Pasang ujung lainnya ke
stopkontak di dinding.Tunggu sistem PBX Anda untuk menerangi. Ini memungkinkan
Anda tahu bahwa Anda telah menginstal sistem.
- Mengambil receiver untuk membuat panggilan. Dial ekstensi atau
nomor telepon yang ingin dijangkau. Tunggu pemanggil untuk menjawab di ujung.
- Tunggu sistem untuk menelepon dan menyala, yang berarti Anda
memiliki panggilan masuk. Mengangkat gagang telepon dan menjawab panggilan.
Anda juga dapat menekan "Intercom" atau "Hands Free" untuk
menjawab panggilan.
E. Cara Melihat kesalahan pada PBX
Troubleshooting sistem telepon dapat menjadi pengalaman
menakutkan. Nortel PBX sistem yang kompleks, dan telah menjadi bahkan lebih
menantang sebagai teknologi
seperti Voice-over IP telah tumbuh dalam popularitas. fitur
tambahan dan pilihan juga telah ditambahkan ke pengalaman melacak masalah
sistem telepon intermiten atau sulit dipahami. Bekerja dalam sistem manajer PBX
setiap membutuhkan kesabaran dan pengertian, dan perlu didekati dengan
hati-hati. Informasi bisa sulit untuk menemukan, tetapi mengakses dan membaca
setiap sistem kesalahan adalah tempat yang baik untuk memulai.
Yang Anda butuhkan
- akses jaringan Nortel PBX
- hak administratif
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Masuk ke Nortel PBX dari konsol atau dengan mengakses server
melalui produk remote desktop seperti VNC. Meluncurkan manajer OTM dari
shortcut desktop dan login dengan kredensial administratif.
- Klik "Maintenance" di bagian atas window manager
OTM, kemudian pilih "Event Log Viewer." Gulir melalui daftar pesan
untuk menemukan kesalahan sistem atau pesan. Klik dua kali pesan apapun untuk
lebih jelasnya.
- Klik "View" untuk mengaktifkan atau menonaktifkan
informasi opsional dalam daftar pesan. Klik "Filter" untuk
mempersempit daftar kembali kesalahan dan pesan berdasarkan kriteria yang
dibutuhkan Anda. Tutup Event Log Viewer ketika Anda selesai.
- Klik dua kali shortcut yang mewakili organisasi Anda di
manajer OTM untuk membuka jendela baru. Klik tombol "Maintenance" di
bagian atas jendela, kemudian klik "Events" untuk memulai penampil.
Tunggu pemirsa untuk memuat acara, kemudian klik dua kali setiap listing untuk
membaca lebih detail. Tutup Event Viewer ketika Anda selesai.
F. Bagaimana hubungkan telepon ke PBX
Ada 3 tipe dasar telepon yang terhubung ke PBX, atau Swasta
sistem Branch Exchange. Mereka adalah analog, digital dan VoIP telepon set. PBX
adalah sistem switching elektronik yang menghubungkan layanan jaringan untuk
set telepon dan rute panggilan ke lokasi yang diinginkan. Kategori 5 kabel
memungkinkan konektivitas ke semua tiga jenis ponsel dan memberi Anda
fleksibilitas untuk mengubah jenis perangkat di lokasi manapun tanpa mengganti
atau memodifikasi kabel tersebut.
Yang Anda butuhkan
- Datar dan obeng Phillips
- alat punch-down
- Kategori 5 kabel
- terminal blok atau patch panel
- konektor modular dan alat
Langkah langkahnya sebagai berikut :
- Cari blok terminasi untuk sistem telepon PBX. Hal ini biasanya
ditemukan terhubung ke lembar kayu lapis dipasang di dinding sebelah sistem
telepon. Ini akan memiliki kabel yang terhubung ke dari PBX.
- Menemukan daerah untuk menginstal Kategori 5 jack telepon
baru. Carilah jalur kembali ke daerah di mana titik terminasi berada.
- Pasang jack telepon ke dinding di lokasi yang diinginkan. jack
permukaan digunakan di daerah-daerah yang ada dan siram gunung jack digunakan
dalam konstruksi baru.Gunakan obeng untuk menginstal jack flush mount dan
menginstal kotak listrik untuk konstruksi baru.
- Jalankan Kategori kabel 5 komunikasi dari terminal blok PBX
atau patch panel untuk setiap lokasi jack. Memungkinkan 6 inci dari kelebihan
kabel di ujung jack dan kabel cukup di sisi terminal blok untuk konektivitas
yang tepat.
- Memeriksa terminal blok. Menemukan pola dari layanan yang ada
atau mencari dokumentasi blok terminal. Hapus selubung dari ujung kabel dengan
penari telanjang kawat dan mengakhiri kabel ke blok dengan alat pukulan-down
dengan cara yang tepat. sistem kecil sering menggunakan modular patch yang
panel dan RJ45 konektor untuk penghentian stasiun. Mengeriting konektor ini ke
ujung-ujung kabel menggunakan alat crimping modular memastikan kabel berada di
urutan yang tepat.Pasangan biru dan putih dianggap pasangan 1, oranye dan putih
adalah pasangan 2, hijau dan putih sepasang 3 dan coklat dan putih adalah
pasangan 4.
- Hapus sekitar enam inci dari selubung dari kabel di sisi jack.
Hubungkan pasang twisted biru dan putih untuk koneksi satu, oranye dan putih
untuk koneksi dua, hijau dan putih untuk koneksi tiga dan coklat dan putih
untuk koneksi empat. Banyak Kategori 5 jack kode warna, sehingga mudah untuk
dilakukan. Beberapa jack memerlukan penggunaan alat pukulan-down, sementara
yang lainnya memerlukan obeng datar atau Phillips untuk menghubungkan kabel ke
jack.
- Menghubungkan sisi terminal blok kabel ke sisi layanan PBX,
baik menggunakan cross-connect atau Kategori 5 kabel patch yang. Jenis koneksi
tergantung pada jenis blok terminasi. telepon analog menggunakan satu pasang,
telepon digital menggunakan satu atau dua pasang dan telepon IP menggunakan
empat pasang untuk konektivitas.
- Sambungkan telepon ke jack baru dan tes untuk konektivitas.
G. Cara menghubungkan Telepon SIP ke PBX
Langkah-langkah sebagai berikut :
- Menentukan alamat IP bahwa ponsel SIP akan memiliki pada
jaringan lokal Anda dan nomor ekstensi internal yang akan Anda gunakan untuk
telepon. Putuskan apakah Anda akan menggunakan sandi otentikasi dengan telepon
dan, jika demikian, apa password akan.
- Mengakses parameter setup pada telepon SIP. Masukkan alamat IP
tetap telepon harus memiliki pada jaringan, nomor ekstensi internal dan
password jika Anda menggunakan otentikasi.
- Login ke panel administrasi PBX Anda sebagai administrator
untuk menambahkan rute untuk telepon SIP. Membuat ekstensi baru, masukkan nomor
ekstensi, password jika Anda menggunakan otentikasi dan alamat IP dari telepon
SIP.
- Mengatur fitur lain yang terkait dengan ekstensi, seperti
voice mail, call forwarding dan merekam panggilan. Menyimpan perubahan dan
restart layanan telepon, jika perlu.
- Menguji ponsel baru dengan memanggil ke dalam ekstensi dari
ponsel dan dari telepon internal untuk memastikan panggilan sedang diarahkan
dengan benar.
H. Cara Telepon PBX bekerja
PBX Set Up
Pada abad ke-20, pertukaran cabang pribadi awalnya berlari pada
teknologi analog, tapi sekarang PBX sistem sudah digital. PBX umum meliputi
beberapa jalur telepon dari luar bangunan yang berakhir pada pertukaran
perusahaan. Ia juga memiliki beberapa jalur internal yang mengarah ke bursa
ponsel dalam. Sebuah komputer mengelola panggilan, beralih mereka dari satu
baris ke yang lain sesuai dengan nomor yang dipanggil. Sebuah PBX digital tidak
memerlukan operator manusia, meskipun beberapa perusahaan masih menggunakannya.
VoIP untuk PBX
Beberapa bursa bergantung pada teknologi VoIP - Voice Over
Internet Protocol. sistem telepon VoIP mengubah panggilan telepon ke paket data
dan mengirimkannya melalui jaringan komputer. Sebuah perusahaan pengembalian
investasi menggunakan VoIP akan bervariasi tergantung pada layanan telepon yang
digunakannya. Dibandingkan dengan PBX biasa, VoIP atau pemotongan tukar IP
biaya karena perusahaan dapat menggunakan satu jaringan untuk panggilan telepon
dan data, bukan dua. Alih-alih switchboard pusat, PBX memiliki server pusat.
Telepon di kantor memiliki perangkat lunak atau perangkat keras untuk menghubungkan
ke server.
virtual PBX
Alih-alih bisnis mendirikan pertukaran dalam gedung, sebuah PBX
virtual ternyata bahwa tanggung jawab ke perusahaan lain. Dari sudut bisnis
pandang, semuanya bekerja sama, tetapi tanpa salah satu teknologi di tempat.
Memiliki perusahaan lain menyediakan layanan virtual PBX menawarkan beberapa
keuntungan: Tidak ada batas fisik pada jumlah baris dan mudah untuk menambahkan
lebih banyak bila diperlukan.Virtual sistem PBX juga dikenal sebagai host PBX.
Centrex
Bisnis dapat mengelola sistem telepon mereka tanpa PBX. Sebuah
Centrex - pertukaran kantor pusat - memiliki perusahaan telepon memberikan
setara dengan PBX.Perusahaan telepon lokal cadangan bagian dari jaringan untuk
bisnis membayar untuk layanan Centrex. peralatan mungkin off-site, seperti PBX
virtual, atau dipasang pada tempat usaha. Either way, itu tugas perusahaan
telepon untuk mempertahankan dan meningkatkan itu, bukan pelanggan.
VII. Konfigurasi pada IP PBX
IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah
PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching
komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang
mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone.
Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan
pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media
komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi
seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.
Solusi berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan
komunikasi generasi masa depan atau dikenal dengan istilah NGN (Next Generation
Network) yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS),
jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan
Cordless (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog
FXO/FXS; Digital E1-MFC R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog
Tie Line E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension
Analog FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP
(H.323/SIP/IAX).
Comments
Post a Comment