Skip to main content

PABX Dan PBX


PBX (Private Branch eXchange)




IP PBX dan PBX
            PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
 Line cards merupakan terminasi /interface antar saluran extension dengan sentral PBX
Berfungsi melakukan borscht(battery Over loaded, Ringing, signaling, coding, hybrid, testing).
Trunk cards sebagai interface/ terminasi antar saluran/ trunk ke PSTN dengan sentral PBX.
Berfungsi melakukan konverer sinyal saluran dengan sinyal  internal sentral PBX
Switch cards melakukan fungsi penyambungan  (switching) antar port extension (line cards) dengan
Port extension line cards lain dalam panggilan internal dan antar port extension line cards dengan port Trunk cards dalam panggilan external (incoming/ outgoing call)
Signaling  penerima/ pengiriman sinyal dengan extension (DTMF) (decadi pulses)
Dan pensinyalandengan senrtal public (DTMF/MCF decadi pulses)
Prosessor cards sebagai pusar control yang mengendalikan seluruh aktifitas sentral.

 IP PBX
IP (Iternet Protokol)
            Trend teknologi ke depan adalah berbasis IP, maka dari itu ke globalnya, kemudahannya dan ke efisienannya. Teknologi PBX di haruskan juga kea rah IP dengan alas an akan memudahkan semua perusahaan dalam memigrasikan sistemnya, suatu saat nanti selanjutnya adalah ilustrasi jaringan yang berbasis IP.



Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX,dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP.

Sejarah dan Pengertian PBX
Sistem telepon bisnis telah lama dalam perkembangan mereka ke mana mereka berada sekarang, berkembang dari sistem kunci sederhana yang memerlukan beberapa saluran telepon untuk virtual PBX (PABX) yang ada di dunia maya dan fungsi dalam hubungannya dengan perusahaan ada data transfer. 

 Beberapa sistem populer telepon pertama yang "1A2 Key System". Ini bervariasi dan memiliki pemahaman perusahaan di pasar selama bertahun-tahun di sekitar tahun 1950-an. KSU (kunci Layanan Unit) bertindak sebagai unit kontrol pusat dan panggilan yang Dialihkan dari sana melalui mekanisme fisik yang terkandung dalam telepon. Ini diizinkan fitur seperti interkom services dan terus fitur dengan musik. Fitur sederhana ini dapat dicapai secara baris demi baris oleh hardwiringbackplane ke unit kontrol pusat. Fitur lampu untuk setiap baris memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menentukan status semua saluran telepon. 

  PBX pertama kali digunakan untuk menggambarkan "sistem kunci" seperti mana switchboards dijalankan dengan tangan. PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis bukan operator. Ini menjadi lebih umum, istilah PABX (automatic PABX) dan PMBX (manual PABX) datang untuk membedakan antara kedua sistem. EPABX (elektronik automatic PABX) juga digunakan untuk menggambarkan berbagai sistem digital. 

Jadi, PBX (private branch exchange) adalah suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal (extention to extention) dengan external (out going and incoming). Pengertian lainnya, PBX (private branch exchange) adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut.

II. Fungsi dan Cara kerja PBX
A. Fungsi PBX antara lain :
Ø  Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubugkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju
Ø  Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan   dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
Ø Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
Ø  Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)





Fungsi PBX

Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
-  Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
-  Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya.
Kemampuan umum tersebut meliputi :
a. Layanan otomatis panggilan
b.  Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
c. Layanan otomatis nada tunggu
d. Metering call atau tampilan waktu panggilan
e. Memblokir panggilan
f. Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
g. Panggilan pick-up
h. Transfer panggilan
i. Panggilan tunggu
j. Panggilan konferensi
k. Modifikasi kata sambutan
l. Panggilan cepat
m. Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonferensi)
n.  DISA - direct inward system access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
o. Follow-me merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya panggilan dijawab atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
p.  Respon interaktif suara
  
B. Cara Kerja PBX
 Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.

III. Perbedaan PBX dengan PABX
A.      PBX
PBX untuk pembai atau pengatur antara bagian internal dengan external, dan menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP, Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler.

B.     PABX
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
V. Perangkat yang mendukung PBX
a. Voicemail dan Voice conference
    Voice Mail System (juga dikenal sebagai voice mail, pesan suara atau bank suara) adalah sistem berbasis komputer yang memungkinkan pengguna dan pelanggan untuk bertukar pribadi pesan suara ; untuk memilih dan menyampaikan informasi suara; dan untuk memproses transaksi yang berkaitan dengan individu, organisasi, produk dan jasa, dengan menggunakan telepon biasa.
b. Interactive Voice Response (IVR)
Respon suara interaktif (IVR) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk berinteraksi dengan manusia melalui penggunaan suara dan DTMF nada input melalui keypad.
Dalam telekomunikasi, IVR memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem host perusahaan melalui tombol telepon atau dengan pengenalan suara, setelah itu mereka dapat melayani pertanyaan mereka sendiri dengan mengikuti dialog IVR. Sistem IVR dapat merespon dengan rekaman atau dinamis audio ke pengguna langsung lanjut tentang bagaimana untuk melanjutkan. aplikasi IVR dapat digunakan untuk mengontrol hampir semua fungsi di mana antarmuka dapat dipecah menjadi serangkaian interaksi sederhana. sistem IVR dikerahkan dalam jaringan yang berukuran untuk menangani volume panggilan besar.
c. Automatic Call Distribution (ACD)
Panggilan otomatis distributor (ACD) atau sistem distribusi panggilan otomatis, adalah perangkat atau sistem yang mendistribusikan panggilan masuk ke kelompok tertentu terminal atau agen berdasarkan pilihan pelanggan, nomor telepon pelanggan, operator jalur masuk ke sistem, atau waktu panggilan diproses. Hal ini sering bagian dari komputer integrasi telepon (CTI) sistem.
d. Computer Telephony Integration 
Komputer integrasi telepon, juga disebut integrasi komputer-telepon atau CTI, adalah nama umum untuk teknologi yang memungkinkan interaksi pada telepon dan komputer untuk diintegrasikan atau dikoordinasikan. Istilah ini terutama digunakan untuk menggambarkan desktop yang interaksi berbasis untuk membantu pengguna menjadi lebih efisien.
e. Unified Messaging System (UMS)
Terpadu messaging system (atau UMS) adalah pemasaran kata kunci yang menggambarkan upaya mengintegrasikan elektronik yang berbeda messaging dan komunikasi media yang ( e-mail , SMS , fax , pesan suara , pesan video , dll) teknologi ke dalam satu antarmuka, dapat diakses dari berbagai berbeda perangkat. Sementara sistem komunikasi tradisional menyampaikan pesan ke dalam beberapa jenis toko seperti voicemail sistem, server e-mail, dan berdiri sendiri mesin fax, dengan Unified Messaging semua jenis pesan disimpan dalam satu sistem. pesan voicemail, misalnya, dapat disampaikan langsung ke inbox pengguna dan bermain baik melalui headset atau speaker komputer.
f. Fax Server & Fax on Demand
Sebuah server faks adalah sistem dipasang di jaringan area lokal (LAN) server yang memungkinkan pengguna komputer yang komputernya melekat pada LAN untuk mengirim dan menerima pesan fax.
g.  Call Recording System
h. Billing System
Sistem billing merupakan sistem yang membantu para usahawan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. Pada dasarnya sistem billing merupakan sistem pencatat dan pemonitor transaksi berbentuk software.
i.  Web-based Management System.
Perangkat lunak manajemen proyek berbasis web adalah kumpulan program, proses dan informasi yang digunakan untuk mengelola berbagai tahapan proyek dan yang dapat diakses di Internet. manajemen proyek memerlukan proses seperti penjadwalan, menghitung jalur kritis, membangun jadwal, membuat daftar tugas, mengelola sumber daya, pengendalian dokumen dan memberikan jejak audit. Masing-masing proses dapat dikontrol dan kadang-kadang otomatis melalui solusi software manajemen proyek.



Kebutuhan Bagian Komunikasi Pbx Pada Server Softswitch 
1. Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent
MGC atau Call Agent adalah elemenutama softswitch, berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda, yakni termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2. Signalling Gateway (SG)
Signalling gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7,sedangkan MGC menangani sirkit suara yang telah dibangun oleh mekanismepensinyalan SS7.

3. Media Gateway (MG)
Media gateway berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN,PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses pelanggan. Media gatewayterbagi menjadi trunk gateway dan access gateway
Trunk gateway adalah mediagateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 4, yaitu merutekan trafik dari jaringan PSTN/PLMN (jaringan mobile).Trunk gateway akan melakukan proses konversi terhadap format transmisi jaringan terhubung yang berbeda beda, baik format sinyalt rafik maupun signalling atau protokolnya.
Access gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 5 untuk menghubungkan softswitchdengan jaringan korporasi atau terminal pelanggan (CPE).
4. Media Server
Media server melaksanakan fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Jika diperlukan, ini akan mendukung digital signal processing (DSP). Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas itu akan dilakukan oleh media server. Media Video juga akan dilayani oleh suatu Media Server manakala bisa diterapkan.Media akses adalah media yang digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau pelanggan. Media akses dapat menggunakan cable modem, leasedcircuit, v.52, DSL, HFC, dan radio akses.

5. Feature Server
Untuk Menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing, multi-partyconferencing, dll. Feature server menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch tersebut. Contoh :gatekeeper, dll.
6. Operating support system (OSS)
Adalah elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti managemen jaringan, provisioning, billing, monitoring,statistik, dll.

VI. Troubleshoot PBX
A. Trouble Shoot PBX
Yang Anda butuhkan
• Komputer
• Program akses remote
• izin administratif
Langkah-langkahnya seperti berikut :
- Periksa koneksi ke perangkat beroperasi pada PBX. Ini mencakup semua kabel telepon, terutama kabel utama yang berjalan dari dinding ke konektor yang terletak di bagian belakang yang paling konsol.
- Reset perangkat PBX. Cabut kabel utama yang dijelaskan pada Langkah 1 untuk satu menit. Hubungkan kembali kabel dan panggilan tes inbound dan outbound. Jika masalah terus berlanjut, lanjutkan ke Langkah 3.
- Log on ke program akses komputer radio PBX sebagai administrator. Jika Anda tidak memiliki hak akses administratif, Anda tidak dapat mengakses pengaturan yang diperlukan untuk melanjutkan pemecahan masalah PBX.
- Cari dan klik "Pemeliharaan" pilihan di bagian atas layar. Gulir ke "Event Log" dan klik untuk melihat kesalahan yang dikenal dengan PBX Anda. Gulir sepenuhnya melalui daftar karena beberapa jenis acara akan terdaftar. Gunakan "Filter" pilihan untuk mengatur preferensi untuk pesan yang terdaftar.
- Klik dua kali pesan kesalahan untuk melihat rincian. Pesan-pesan ini memberikan tanggal tertentu, waktu, dan rincian yang berkaitan dengan kesalahan dalam PBX Anda dan status. Dari sini Anda dapat mengidentifikasi penyebabnya dan memperbaiki kesalahan untuk PBX Anda.
- Tutup "Event Log" dan segera membuka kembali. Klik "Filter" untuk mengatur acara untuk tanggal saat ini. Ini akan menunjukkan jika kesalahan telah diperbaiki. Jika kesalahan berlanjut, hubungi operator telepon layanan Anda atau produsen perangkat PBX Anda untuk bantuan lebih lanjut.
- Log out dari program akses remote ketika Anda selesai. Hal ini untuk mencegah pengguna yang tidak sah untuk mengakses tugas-tugas administratif dari PBX Anda.
B. Bagaimana Program PBX
.
Yang Anda butuhkan
- perangkat lunak komputer dan konektivitas
- panduan pengguna PBX
Langkah-Langkahnya sebagai berikut :

- Masuk ke portal administrasi PBX dengan perangkat lunak komputer dan konektivitas.Kebanyakan produsen memasok software ini untuk PBX dengan pembelian sistem.
-  Mengatur sambung untuk sistem. Sambung memberitahu sistem apa yang nomor ekstensi yang untuk memulai dan bagaimana untuk mendapatkan garis luar, kode akses fitur dan jumlah untuk konsol petugas. Mengatur jumlah 9 untuk mendapatkan saluran luar dan 0 untuk konsol operator.
- Mengkonfigurasi parameter sistem dan kode akses fitur. parameter sistem mengatur musik ditahan, caller id, sistem tanda bahaya dan berbagai pilihan pengobatan panggilan. Kode akses fitur yang angka yang Anda dapat memanggil untuk mengakses fitur sistem seperti konferensi, panggilan cepat, taman panggilan, cakupan panggilan, panggilan pickup dan mentransfer panggilan antara lain. Gunakan 1-3 digit angka dan memastikan mereka tidak dapat ditemukan pada bagian angka yang Anda rencanakan untuk ekstensi.
- Mengatur Kelas Pembatasan dan Kelas layanan tabel tables.These mengatur kelompok izin untuk menetapkan ke pengguna. Izin adalah fitur seperti panggilan jarak jauh, ketersediaan call forwarding, prioritas panggilan dan lain-lain. Batasi panggilan jarak jauh hanya para pengguna yang membutuhkan akses dengan tabel ini.
- Mengkonfigurasi batang dan outbound routing. Batang adalah saluran telepon yang digunakan untuk panggilan inbound dan outbound terhubung ke operator pertukaran lokal, kadang-kadang disebut sebagai perusahaan telepon. Mengaturnya dalam kelompok-kelompok. kelompok trunk adalah batang atau saluran telepon yang melayani jenis yang sama dari panggilan. Mengkonfigurasi mereka di panggilan lokal dan kelompok jarak jauh. Mengatur routing sehingga perjalanan panggilan keluar keluar jalur paling mahal.
- Mengkonfigurasi perangkat lunak untuk telepon set di PBX. Mengatur port, jenis ponsel, nama display, tombol fitur, penampilan line, menelepon izin dan tombol panggilan cepat untuk setiap telepon Anda ingin menginstal.
- Mengatur layanan lain seperti garis analog fax, telepon konferensi, konferensi video, paging, musik ditahan, konektivitas IP dan layanan untuk agen call center. layanan call center termasuk masuk routing, kelompok berburu, memanggil vectoring, nomor identifikasi agen, tombol login dan panggilan tunggu indikator. kelompok berburu adalah angka yang pelanggan menelepon untuk layanan; sebut vectoring adalah petunjuk aliran panggilan rinci antara kelompok berburu dan agen.
C. Cara menggunakan PBX sistem
PBX telepon menawarkan banyak pilihan yang garis tanah biasa tidak memiliki. Setelah ekstensi Anda sudah diatur, Anda dapat menggunakan telepon Anda untuk meneruskan panggilan, mengirim surat suara ke alamat email atau mentransfer panggilan ke ekstensi lain.
Membuat panggilan ke ekstensi lainnya pada jaringan PBX Anda hanya dengan mengangkat gagang telepon dan menghubungi perpanjangan empat digit. Anda juga dapat menghubungi saluran luar dengan menekan 0 atau 1, tergantung pada konfigurasi sistem anda, maka nomor 10-digit.
Mengakses pesan suara Anda dengan mengambil penerima, menekan tombol voice mail dan panggilan kode keamanan Anda jika telah ditetapkan. Anda dapat menyimpan atau menghapus pesan dengan menekan tombol menyala pada layar telepon. Jika Anda jauh dari kantor Anda, menghubungi nomor telepon 10 digit dan tekan tombol tanda bintang ketika petugas otomatis mengambil, kemudian masukkan kode keamanan Anda untuk mengakses pesan suara Anda.
Mentransfer panggilan masuk ke ekstensi lain dengan menekan tombol "Trns" tombol pada ponsel, maka panggilan ekstensi yang Anda ingin mengirim panggilan, dan akhirnya gantung penerima. Hal ini berguna untuk ketika penelepon memanggil ekstensi Anda dengan kesalahan. Ada dua metode untuk mentransfer: buta mentransfer, ketika Anda tidak menunggu ekstensi untuk menjemput, dan diawasi mentransfer, di mana Anda menunggu sampai ekstensi mengambil sehingga Anda dapat memperkenalkan dua pihak.
Telepon masuk ditahan dengan menekan tombol "Hold" dan menggantung penerima.Ini akan menempatkan pemanggil ditahan untuk beberapa waktu sebelum telepon berdering lagi, menandakan bahwa penelepon masih memegang. Tergantung pada jenis ponsel dan sistem PBX yang Anda miliki, mungkin ada cahaya yang berkedip pada layar telepon untuk membiarkan Anda tahu apa garis penelepon adalah pada.
Masuk ke halaman Web administrator dan berkonsultasi dengan panduan manual sistem anda pengguna untuk menggunakan fitur lain dari sistem PBX spesifik Anda.
D. Cara menginstal sistem PBX  Telepon
PBX adalah singkatan dari "private branch exchange."Bisnis biasanya menggunakan jenis jaringan telepon pribadi. Setelah terinstal, karyawan berbagi sejumlah baris untuk membuat panggilan luar. Untuk menginstal sistem PBX, Anda harus memiliki PBX konsol, bersama dengan kabel telepon dan steker. Setelah Anda menginstal sistem, Anda harus mengujinya untuk memastikan bekerja.
Langkah-langkah sebagai berikut :
- Tancapkan kabel telepon ke konsol PBX Anda di input yang mengatakan, "Telephone Line."
- Hubungkan ujung lainnya ke soket. Hal ini memungkinkan sistem PBX Anda untuk mengirim dan menerima panggilan telepon.
- Pasang konektor PBX ke dalam konsol. Pasang ujung lainnya ke stopkontak di dinding.Tunggu sistem PBX Anda untuk menerangi. Ini memungkinkan Anda tahu bahwa Anda telah menginstal sistem.
- Mengambil receiver untuk membuat panggilan. Dial ekstensi atau nomor telepon yang ingin dijangkau. Tunggu pemanggil untuk menjawab di ujung.
- Tunggu sistem untuk menelepon dan menyala, yang berarti Anda memiliki panggilan masuk. Mengangkat gagang telepon dan menjawab panggilan. Anda juga dapat menekan "Intercom" atau "Hands Free" untuk menjawab panggilan.
E. Cara Melihat kesalahan pada PBX
Troubleshooting sistem telepon dapat menjadi pengalaman menakutkan. Nortel PBX sistem yang kompleks, dan telah menjadi bahkan lebih menantang sebagai teknologi 
seperti Voice-over IP telah tumbuh dalam popularitas. fitur tambahan dan pilihan juga telah ditambahkan ke pengalaman melacak masalah sistem telepon intermiten atau sulit dipahami. Bekerja dalam sistem manajer PBX setiap membutuhkan kesabaran dan pengertian, dan perlu didekati dengan hati-hati. Informasi bisa sulit untuk menemukan, tetapi mengakses dan membaca setiap sistem kesalahan adalah tempat yang baik untuk memulai.
Yang Anda butuhkan
- akses jaringan Nortel PBX
- hak administratif
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Masuk ke Nortel PBX dari konsol atau dengan mengakses server melalui produk remote desktop seperti VNC. Meluncurkan manajer OTM dari shortcut desktop dan login dengan kredensial administratif.
- Klik "Maintenance" di bagian atas window manager OTM, kemudian pilih "Event Log Viewer." Gulir melalui daftar pesan untuk menemukan kesalahan sistem atau pesan. Klik dua kali pesan apapun untuk lebih jelasnya.
- Klik "View" untuk mengaktifkan atau menonaktifkan informasi opsional dalam daftar pesan. Klik "Filter" untuk mempersempit daftar kembali kesalahan dan pesan berdasarkan kriteria yang dibutuhkan Anda. Tutup Event Log Viewer ketika Anda selesai.
- Klik dua kali shortcut yang mewakili organisasi Anda di manajer OTM untuk membuka jendela baru. Klik tombol "Maintenance" di bagian atas jendela, kemudian klik "Events" untuk memulai penampil. Tunggu pemirsa untuk memuat acara, kemudian klik dua kali setiap listing untuk membaca lebih detail. Tutup Event Viewer ketika Anda selesai.
F. Bagaimana hubungkan telepon ke PBX
Ada 3 tipe dasar telepon yang terhubung ke PBX, atau Swasta sistem Branch Exchange. Mereka adalah analog, digital dan VoIP telepon set. PBX adalah sistem switching elektronik yang menghubungkan layanan jaringan untuk set telepon dan rute panggilan ke lokasi yang diinginkan. Kategori 5 kabel memungkinkan konektivitas ke semua tiga jenis ponsel dan memberi Anda fleksibilitas untuk mengubah jenis perangkat di lokasi manapun tanpa mengganti atau memodifikasi kabel tersebut.
Yang Anda butuhkan
- Datar dan obeng Phillips
- alat punch-down
- Kategori 5 kabel
- terminal blok atau patch panel
- konektor modular dan alat

     Langkah langkahnya sebagai berikut :
- Cari blok terminasi untuk sistem telepon PBX. Hal ini biasanya ditemukan terhubung ke lembar kayu lapis dipasang di dinding sebelah sistem telepon. Ini akan memiliki kabel yang terhubung ke dari PBX.
- Menemukan daerah untuk menginstal Kategori 5 jack telepon baru. Carilah jalur kembali ke daerah di mana titik terminasi berada.
- Pasang jack telepon ke dinding di lokasi yang diinginkan. jack permukaan digunakan di daerah-daerah yang ada dan siram gunung jack digunakan dalam konstruksi baru.Gunakan obeng untuk menginstal jack flush mount dan menginstal kotak listrik untuk konstruksi baru.
- Jalankan Kategori kabel 5 komunikasi dari terminal blok PBX atau patch panel untuk setiap lokasi jack. Memungkinkan 6 inci dari kelebihan kabel di ujung jack dan kabel cukup di sisi terminal blok untuk konektivitas yang tepat.
- Memeriksa terminal blok. Menemukan pola dari layanan yang ada atau mencari dokumentasi blok terminal. Hapus selubung dari ujung kabel dengan penari telanjang kawat dan mengakhiri kabel ke blok dengan alat pukulan-down dengan cara yang tepat. sistem kecil sering menggunakan modular patch yang panel dan RJ45 konektor untuk penghentian stasiun. Mengeriting konektor ini ke ujung-ujung kabel menggunakan alat crimping modular memastikan kabel berada di urutan yang tepat.Pasangan biru dan putih dianggap pasangan 1, oranye dan putih adalah pasangan 2, hijau dan putih sepasang 3 dan coklat dan putih adalah pasangan 4.
- Hapus sekitar enam inci dari selubung dari kabel di sisi jack. Hubungkan pasang twisted biru dan putih untuk koneksi satu, oranye dan putih untuk koneksi dua, hijau dan putih untuk koneksi tiga dan coklat dan putih untuk koneksi empat. Banyak Kategori 5 jack kode warna, sehingga mudah untuk dilakukan. Beberapa jack memerlukan penggunaan alat pukulan-down, sementara yang lainnya memerlukan obeng datar atau Phillips untuk menghubungkan kabel ke jack.
- Menghubungkan sisi terminal blok kabel ke sisi layanan PBX, baik menggunakan cross-connect atau Kategori 5 kabel patch yang. Jenis koneksi tergantung pada jenis blok terminasi. telepon analog menggunakan satu pasang, telepon digital menggunakan satu atau dua pasang dan telepon IP menggunakan empat pasang untuk konektivitas.
- Sambungkan telepon ke jack baru dan tes untuk konektivitas.

G. Cara menghubungkan Telepon SIP ke PBX
Langkah-langkah sebagai berikut :

- Menentukan alamat IP bahwa ponsel SIP akan memiliki pada jaringan lokal Anda dan nomor ekstensi internal yang akan Anda gunakan untuk telepon. Putuskan apakah Anda akan menggunakan sandi otentikasi dengan telepon dan, jika demikian, apa password akan.
- Mengakses parameter setup pada telepon SIP. Masukkan alamat IP tetap telepon harus memiliki pada jaringan, nomor ekstensi internal dan password jika Anda menggunakan otentikasi.
- Login ke panel administrasi PBX Anda sebagai administrator untuk menambahkan rute untuk telepon SIP. Membuat ekstensi baru, masukkan nomor ekstensi, password jika Anda menggunakan otentikasi dan alamat IP dari telepon SIP.
- Mengatur fitur lain yang terkait dengan ekstensi, seperti voice mail, call forwarding dan merekam panggilan. Menyimpan perubahan dan restart layanan telepon, jika perlu.
- Menguji ponsel baru dengan memanggil ke dalam ekstensi dari ponsel dan dari telepon internal untuk memastikan panggilan sedang diarahkan dengan benar.

H. Cara Telepon PBX bekerja

PBX Set Up
Pada abad ke-20, pertukaran cabang pribadi awalnya berlari pada teknologi analog, tapi sekarang PBX sistem sudah digital. PBX umum meliputi beberapa jalur telepon dari luar bangunan yang berakhir pada pertukaran perusahaan. Ia juga memiliki beberapa jalur internal yang mengarah ke bursa ponsel dalam. Sebuah komputer mengelola panggilan, beralih mereka dari satu baris ke yang lain sesuai dengan nomor yang dipanggil. Sebuah PBX digital tidak memerlukan operator manusia, meskipun beberapa perusahaan masih menggunakannya.

VoIP untuk PBX
Beberapa bursa bergantung pada teknologi VoIP - Voice Over Internet Protocol. sistem telepon VoIP mengubah panggilan telepon ke paket data dan mengirimkannya melalui jaringan komputer. Sebuah perusahaan pengembalian investasi menggunakan VoIP akan bervariasi tergantung pada layanan telepon yang digunakannya. Dibandingkan dengan PBX biasa, VoIP atau pemotongan tukar IP biaya karena perusahaan dapat menggunakan satu jaringan untuk panggilan telepon dan data, bukan dua. Alih-alih switchboard pusat, PBX memiliki server pusat. Telepon di kantor memiliki perangkat lunak atau perangkat keras untuk menghubungkan ke server.

virtual PBX
Alih-alih bisnis mendirikan pertukaran dalam gedung, sebuah PBX virtual ternyata bahwa tanggung jawab ke perusahaan lain. Dari sudut bisnis pandang, semuanya bekerja sama, tetapi tanpa salah satu teknologi di tempat. Memiliki perusahaan lain menyediakan layanan virtual PBX menawarkan beberapa keuntungan: Tidak ada batas fisik pada jumlah baris dan mudah untuk menambahkan lebih banyak bila diperlukan.Virtual sistem PBX juga dikenal sebagai host PBX.
Centrex
Bisnis dapat mengelola sistem telepon mereka tanpa PBX. Sebuah Centrex - pertukaran kantor pusat - memiliki perusahaan telepon memberikan setara dengan PBX.Perusahaan telepon lokal cadangan bagian dari jaringan untuk bisnis membayar untuk layanan Centrex. peralatan mungkin off-site, seperti PBX virtual, atau dipasang pada tempat usaha. Either way, itu tugas perusahaan telepon untuk mempertahankan dan meningkatkan itu, bukan pelanggan.
VII. Konfigurasi pada IP PBX
IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.
   Solusi berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
   
 IP PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi teleponi, sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi yang dapat berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah Voicemail & Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta Web-based Management System.
    IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog FXO/FXS; Digital E1-MFC R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog Tie Line E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension Analog FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP (H.323/SIP/IAX).




Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Tespen Sederhana

Membuat Testpen Sederhana السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Skema Tespen Apabila anda ingin mengetahui adanya aliran listrik dalam instalasi listrik rumah anda, maka anda membutuhkan alat yang bernama Tespen. Sekarang kita akan membuat tespen dengan harga yang sangat murah dengan memanfaatkan bekas pulpen.  Sedangkan cara merangkainya adalah sebagai berikut : Salah satu ujung dari kaki lampu neon dihubungkan dengan penutup pulpen dan satunya lagi dihubungkan dengan resistor, setelah resistor dihubungkan lagi ke ujung pulpen. Jika kita menggunakan pulpen yang masih baru, maka kita akan mendapatkan pulpen dwifungsi yakni menulis dan juga untuk mengetahui adanya tegangan listrik(AC). Alat & Bahan ; ~ Bulpoint. ~ Transistor. ~ Solder. ~ Tutup Bulpoint Fungsi ; Ialah Alat Yang Digunakan untuk mengecek atau mengetahui ada tidaknya suatu tegangan listrik , Fungsi tespen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya tegangan listrik pada suatu benda

Teknologi Layanan Jaringan

Pengertian Dari: 1.       Komunikasi Serial Antar Komputer Menggunakan Putty/Hyperterminal. 2.      Progtam Remote Control Winamp Menggunakan Winlire. 3.      Menyalakan Lampu Rumah Dengan Hp Android Bluetoth. 4.     Mengontrol Peralatan Listrik Melalui Wifi. 5.      Mengontrol Robot Menggunakan Remote Control 6.     Mengontrol Mobil Remote Control. Tautan: 1.      http://www.elektro.undip.ac.id/kenung/?p=296 2.     https://www.tianrosandhy.com/blog/remote+control+collection+:+software+presentasi+profesional+modal+android 3.     https://tutorkeren.com/artikel/tutorial-smartphone-android-dapat-dijadikan-saklar-untuk-kontrol-lampu-rumah.htm 4.    https://telinks.wordpress.com/2013/01/20/mengendalikan-peralatan-listrik-via-internetweb-dengan-starduino-board/ 5.     http://www.jogjarobotika.com/blog/membuat-mobil-remote-control-dengan-arduino-dan-bluetooth-hc-05-b106.html 6.    http://www.mobilremot.com/blog/memahami-istilah-remote-control/ --------------------

Membuat 000Webhost

Cara Daftar / Masuk 000Webhost. Assalamuallaikum Wr.Wb. Dibawah Ini Adalah Cara Daftar 000Webhost Dengan Gratis Selama 1Bulan 1. Pertama Kalian Buka Di Google Chrome / Mozila Firefox. 2. Kemudian Buka  https://www.000webhost.com/  Atau 000Webhost. 2. Setalah Itu Pilih $0 / Tanpa Bayar , Atau Gratis Selama Satu Bulan Kemudian Klik Selamanya Gratis Setelah Itu Ada Perintah Untuk Daftar / Login . Setelah Itu Pilih Masuk Untuk Daftar Atau Bisa Menggunakan Gmail. 3. Setelah Berhasil Masuk Atau Bisa Pilih Get Started. 4. Kemudian Bisa Pilih NEXT/SKIP 2x ,  Kemudian Setelah Itu Perintah Untuk Mengisi Nama Dan Password . 5. Kemudian Selesai Tinggal Pilih (+) Create New Site , Kemudian Ketika Ada Masalah Cukup Tenang Saja Dikarenakan Penggunan Mendaftar Banyak . 6. Itu Tadilah Penjelasan Saya Mengenai Mendaftar 000Webhost . Assalamuallaikum Wr.Wb