Skip to main content

L A P O R A N


PROPOSAL USAHA
Kerajinan Barang Bekas Dari Komputer.
Di Susun Oleh :

NAMA : Alfhat Yuda Cahyono.

                                                Kelas : Xia.

                                                Sekolah : SMK Tekno-sa




Kata Pengantar
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.

1.1      Latar Belakang

Pada zaman yang serba modern ini,banyak orang yang menghabiskan uang hanya untuk membeli produk-produk atau aksesoris sebagai pelengkap kebutuhan sekunder manusia. Sebenarnya sangat banyak benda atau bahkan limbah di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan atau produk yang kreatif,inovatif
Pemanfaatan limbah sebagai bahan utama produk ini sebagai bentuk dukungan terhadap program daur ulang yang banyak digencarkan oleh pemerintah maupun organisasi-organisasi masyarakat. Selain itu memanfaatan limbah dapat menambah dan mengembangkan kreativitas wirausaha.

1.2      Tujuan

-          Menciptakan usaha yang kreatif,inovatif dan ramah lingkungan
-          Mengembangkan potensi kerajinan dari limbah di daerah sekitar
-          Menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar
-          Mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

BAB II

ISI

2.1.2    Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan

a.       Visi
Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi
b.      Misi
->          Menjadi perusahaan terkemuka di Wonosobo
->          Mengembangkan hubungan kerjasama dengan Industri lain dan masyarakat
->          Menungkan keahlian karyawan
c.       Tujuan
->          Mengurangi Pencemaran Lingkungan
->          Mengurangi Pengangguran di masyarakat
->          Menciptakan usaha yang kreatif,inovatif dan ramah lingkungan
->          Mengembangkan potensi kerajinan dari limbah di daerah sekitar

 2.1.3    Jenis Usaha

2.2      Pasar dan Pemasaran

2.2.1    Gambaran Lingkungan Usaha

a.       Strength
-          Bahan – bahan kerajinan mudah ditemukan
-          Dapat digunakan sebagai pelengkap ruangan / Hiasan Ruang Tamu
-          Produksi yang dihasilkan berkualitas tinggi dan dapat bertahan lama
b.      Weakness
-          Proses produksi yang sangat beresiko
-          Harga bahan produksi cukup mahal
-          Dalam produksi membutuhkan waktu yang lama
c.       Opportunity
-          Banyak disukai masyarakat
-          Desain produk yang menarik
-          Selain memiliki nilai fungsi, produk ini juga memiliki nilai keindahan
d.      Threat
-          Banyak pesaing yang memproduksi kerajinan yang serupa

2.2.2    Kondisi Pasar

a.       Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di daerah pusat kota sehingga tidak sulit menemukan tempat ini. Strategi tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan

2.3      Aspek Produksi

2.3.1    Deskripsi Lokasi Usaha

Karya Abadi berlokasi di Jln. Impian No. 28 Wonosobo. Kami memilih lokasi tersebut karena tempatnya yang strategis dan terletak di pusat kota yang merupakan tempat dimana sebagian besar masyarakatnya melakukan aktivitas. Tidak hanya itu, tempat tersebut juga dilalui banyak kendaraan sehingga celah peluangnya sangat besar.

 2.3.2    Fasilitas dan Peralatan Produksi

NO
Nama Alat
Jumlah
Fungsi
1
Gunting
1
Memotong Stik Es Cream
2
SaklarOn/Off.
1
Mematikan / Menghidupakan
3
Magnet
4
Memutarkan / Saling Bertolakan
4
Tembakan Lem
1
Untuk membakar lem / melelehkan lem
5
Testpen
1
Mengetes aliran listrik
6
Kipas Kmptr
1
Menghidupkan

 

 

 

  2.3.3    Kebutuhann Bahan Baku

NO
Nama Bahan Baku
1
1KIpas Dari Pawer Supply.
2
Saklar On/Off.
3
5 Steak EsCream.
4
Kabel Listrik
5
4 Magnet.
6
Cash Hp BUndar Besar / Tancepan CD Player
7
Lem Tembak
8
Gelas Kaca

2.3.4    Kebutuhan Tenaga Kerja

Dalam usaha ini, kami membutuhkan 4 tenaga kerja laki – laki, karena laki – laki lebih paham tentang elektronik dan biasanya laki – laki mampu melakukan pekerjaan yang berat. Tenaga kerja tersebut akan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu 1 orang untuk persiapan bahan dan pembuatan desain, 2 orang untuk melakukan produksi, dan 1 orang untuk penjualan dan penerimaan pembeli.

BAB III

PENUTUP

      3.1      Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha lampion nanas ini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.

      3.2      Saran

a.       Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
b.      Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
c.       Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
d.      Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
e.       Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah.

“Gambaran Produk “

 












Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Tespen Sederhana

Membuat Testpen Sederhana السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Skema Tespen Apabila anda ingin mengetahui adanya aliran listrik dalam instalasi listrik rumah anda, maka anda membutuhkan alat yang bernama Tespen. Sekarang kita akan membuat tespen dengan harga yang sangat murah dengan memanfaatkan bekas pulpen.  Sedangkan cara merangkainya adalah sebagai berikut : Salah satu ujung dari kaki lampu neon dihubungkan dengan penutup pulpen dan satunya lagi dihubungkan dengan resistor, setelah resistor dihubungkan lagi ke ujung pulpen. Jika kita menggunakan pulpen yang masih baru, maka kita akan mendapatkan pulpen dwifungsi yakni menulis dan juga untuk mengetahui adanya tegangan listrik(AC). Alat & Bahan ; ~ Bulpoint. ~ Transistor. ~ Solder. ~ Tutup Bulpoint Fungsi ; Ialah Alat Yang Digunakan untuk mengecek atau mengetahui ada tidaknya suatu tegangan listrik , Fungsi tespen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya tegangan listrik pada suatu benda

Teknologi Layanan Jaringan

Pengertian Dari: 1.       Komunikasi Serial Antar Komputer Menggunakan Putty/Hyperterminal. 2.      Progtam Remote Control Winamp Menggunakan Winlire. 3.      Menyalakan Lampu Rumah Dengan Hp Android Bluetoth. 4.     Mengontrol Peralatan Listrik Melalui Wifi. 5.      Mengontrol Robot Menggunakan Remote Control 6.     Mengontrol Mobil Remote Control. Tautan: 1.      http://www.elektro.undip.ac.id/kenung/?p=296 2.     https://www.tianrosandhy.com/blog/remote+control+collection+:+software+presentasi+profesional+modal+android 3.     https://tutorkeren.com/artikel/tutorial-smartphone-android-dapat-dijadikan-saklar-untuk-kontrol-lampu-rumah.htm 4.    https://telinks.wordpress.com/2013/01/20/mengendalikan-peralatan-listrik-via-internetweb-dengan-starduino-board/ 5.     http://www.jogjarobotika.com/blog/membuat-mobil-remote-control-dengan-arduino-dan-bluetooth-hc-05-b106.html 6.    http://www.mobilremot.com/blog/memahami-istilah-remote-control/ --------------------

Membuat 000Webhost

Cara Daftar / Masuk 000Webhost. Assalamuallaikum Wr.Wb. Dibawah Ini Adalah Cara Daftar 000Webhost Dengan Gratis Selama 1Bulan 1. Pertama Kalian Buka Di Google Chrome / Mozila Firefox. 2. Kemudian Buka  https://www.000webhost.com/  Atau 000Webhost. 2. Setalah Itu Pilih $0 / Tanpa Bayar , Atau Gratis Selama Satu Bulan Kemudian Klik Selamanya Gratis Setelah Itu Ada Perintah Untuk Daftar / Login . Setelah Itu Pilih Masuk Untuk Daftar Atau Bisa Menggunakan Gmail. 3. Setelah Berhasil Masuk Atau Bisa Pilih Get Started. 4. Kemudian Bisa Pilih NEXT/SKIP 2x ,  Kemudian Setelah Itu Perintah Untuk Mengisi Nama Dan Password . 5. Kemudian Selesai Tinggal Pilih (+) Create New Site , Kemudian Ketika Ada Masalah Cukup Tenang Saja Dikarenakan Penggunan Mendaftar Banyak . 6. Itu Tadilah Penjelasan Saya Mengenai Mendaftar 000Webhost . Assalamuallaikum Wr.Wb